Kamis, 17 April 2014

Cara membuat lampu depan (utama) motor mati pada motor YAMAHA System Injection Mio J / Mio GT

Cara membuat lampu depan (utama) mati pada motor Mio J / Mio GT

Oh ya, disini yang kena saklar cuma lampu utama ya. lampu senja+lampu belakang tetep menyala. Jadi masih setengah AHO gitu hehe.. CARA INI TIDAK ADA KABEL YANG DIPOTONG/DISOBEK!!, cuma ada skun yang dilepas dari rumahnya, tapi bisa dipasang kembali dengan mudah. do it clean biar ga void warranty.


Keterangan :
SKUN : Kepala Kuningan pada Kabel
RUMAH SOKET : PUTIH/MERAH Yang bentuknya kotak berisi 2-6 Lubang

so... lanjut aja ke step-stepnya :

Part yang dibutuhkan:
1. saklar kanan mio lama (60rb yang asli), ada juga sebagia bengkel yang jual dengan harga 70rb
2. kabel2 dan skun. kabel cari yang bagus ya, atau cari bekas kabel bodi juga bisa. syukur2 kalo punya soket yang cocok sama saklar kanan mio. kalo saya pake kabel bekas power supply komputer. untuk skun bisa cari di toko elektronik. soket saya ga pake.
3. isolasi kabel/listrik, solder dan timah bila perlu.

Berikut cara2nya:

1. Buka batok butanya, ada 6 baut, diatas setang dekat spion, di leher deket kunci kontak, dan di depan dibawah tuas rem. hati-hati bukanya, little bit tricky, tapi bisa dibuka kok.

2. Lepas switch lama, baut pengikatnya ada satu, sisanya pengunci klep buka dengan bantuan obeng minus. note di saklar aslinya ini cuma ada 1 set kabel dengan 1 set soket, yaitu soket untuk starter.
Spoiler for saklar bawaan:

3. Pasang saklar mio lama, disini ada 2 soket. soket yang kecil yang 2 lubang untuk starter, dan soket yang besar yang 4 lubang (tapi skunnya cuma ada 3) untuk lampu. soket starter langsung saja pasang. Soket lampu saya beri nomor konektornya, untuk tanda perkabelan nanti.
Spoiler for soket saklar mio lama:

4. Sekarang liat ke bagian kanan, didekat tuas rem belakang ada 2 soket merah dan putih. buka soket yang putih (ada 6 konektor disini).
Spoiler for soket kiprok-lampu:


5. Perhatikan soket yang laki, kabel kuning dengan skun yang saya lingkari dibawah, tekan penguncinya dengan obeng kecil lalu dorong sampe lepas dari rumah soketnya. Kabel kuning ini cmiiw adalah kabel menuju kiprok.
Spoiler for lepas skun:


6. Skun yang dilepas, pasang (solder atau gunakan konektor bila perlu) ke kabel lalu sambungkan ke konektor nomor 2 di soket saklar mio lama (lihat lagi gambar soket saklar mio lama). Lalu siapkan kabel baru dan skunnya, masukkan ke konektor yang kosong skunnya tadi. Saya kebetulan pake kabel komputer yang 1 skun ada 2 kabel. Kedua kabel ini masuk ke konektor 1 dan 3 saklar mio lama.
Spoiler for perhatikan:

Spoiler for perhatikan:


7. Kerjakan dengan rapi ya, pastikan juga koneksi skun rapat. kalo sudah tutup kuat dengan isolasi listrik, lalu ikat kabel dengan cable ties biar ga terlalu banyak gerak.
Spoiler for done:


8. Nyalakan kunci kontak, liat lampu senja nyala ga? coba nyalakan mesin, dan tes saklarnya. kalo udah oke, pasang kembali batok lampu. done..


NOTE:
"pemasangan saklar ini saya diajari oleh bro ikhsanlie, so credit dan cendol goes to him ya.."
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dan selanjutnya saya pun mencobanya pada motor Mio J baru-baru keluar rumah nangkring diparkiran depa rumah..
dengan sebilah golok dan gergaji besi, saya pun menggorok lehernya tsb, namun apa daya ia pun tak mampu untuk melawan..
haha..
*Becanda mas bro..
Modal duit 100rb niat buat beli ban dalam Mio, trs moga aja harga saklar Mio Lama cukup dari sisa beli ban dalam saya pun meluncur ke bengkel ANDI JAYA motor dekat daerah tempat saya tinggal..
Beli dah tuh Ban Dalam ukuran 80/90 merk IRC seharga 25rb, dan Saklar Mio Lama seharga 70rb..
Langsung aja cabut balik kerumah, keluarin tuh motor Mio J kedepan rumah..
Trusss... denga bermodalkan obeng (+) gede saya bongkar batok depan Mio J saya, saya lepas dahulu kabel pitting lampu depan dari rumah bohlamnya..
lalu saya praktekkan tuh caranya mas bro ikhsanlie..
setelah kutak-kutik bongkar-pasang skun kabel, dan merakit kabel lain (modal bekas kabel body potongan2 motor Vega R saya) dan saya sambung dengan skun2 yang dimaksud ikhsanlie, solatipin tuh kabel pake solatip hitam alias solatip kabel punya bokap ane, lalu saya pasang sesuai langkah diatas, ternyata..... BERHASIL.. BERHASIL.. BERHASIL.. BERHASIL.. 100%
 - Pada saklar keadaan off atau berada pada lambang titik = Lampu Utama (Depan) Mati!!
*namun lampu senja+lampu stop (belakang) tetap menyala..
- Pada saklar keadaan senja menyala atau berada pada lambang 2 lampu pijar menyala = Lampu Utama (Depan) Menyala!!
- Pada saklar keadaan lampu utama menyala atau berada pada lambang 1 lampu pijar menyala = Lampu Utama (Depan) juga Menyala!!

Nah.. Foto dibawah spoiler dari Mio J ane gan..






oke lah kalo beg..beg.. begitu..
Mudah-mudah kisah nyata yang saya ceritakan ini juga dapat menginspirasi teman-teman sekalian untuk mencobanya..


Tutor by one.devs
Selamat Mencoba & Semoga Bermanfaat ^_^
Senang bisa berbagi..

29 komentar :

  1. terus soket yang 6 kaki tadi dipasang lagi atau dibiarkan aja bro?

    BalasHapus
  2. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762

    KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

    BalasHapus
  3. Supaya lampu senja mati harus dari kabel yg mana bos.tolong penjelasanya Tq

    BalasHapus
  4. Di mio m3 juga sama bos begitu sudah saya praktikin di beberapa motor

    BalasHapus
  5. skun nya udah di lepas, terus skun yg udah di lepas di taro kemana om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal agan harus punya kabel-an 2 buah+skun 3 buah (kepala kuningan kabel) sepertu skun di atas (laki-an)
      Utk menyambung 2 kabel dalam 1 skun bs sobek ujung kabel nya, jadikan satu / lilit bersamaan serabut tembaga kabelnya, lalu pasang di skun yg baru tsb.
      Setelah jd 1 set kabel (1 skun isi 2 kabel ujung sisi I & ujung sisi II 2 skun utk setiap ujung kabelnya)
      Pasang 1 skun isi 2 kabel ke RUMAH SOKET (isi 6) yg kosong td setelah dicabut skun/laki-annya.
      Pasang ujung 2 skun lagi ke Rumah Soket isi 4 lubang (tp hanya isi 3 skun cewe-an) Saklar Mio Lama "Gambar No. 2 Poin 3

      Setelah semua beres tersambung,
      Selanjutnya sambungkan semua RUMAH SOKET (laki nya ke Cewe nya)
      Test..

      Hapus
  6. Mantap gan hatur nuhun ilmunys

    BalasHapus
  7. utk all new soul gt 125, caranya gimana bro

    BalasHapus
  8. Makasih atas pencerahnnya gan, bisa manual semua akhire, saklar lampu off mati semua, saklar lampu senja lampu senja nyala lampu kota off, saklar lampu kota lampu kota nyala lampu senja nyala,.... Mio m3

    BalasHapus
  9. Kok mator mio ane lampu senjanya msih nyala? Padahal saklar lampu mati smua. Gk bisa di matiin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan..
      Ini hanya berfungsi utk mematikan lampu utama (depan) motor..
      Lampu senja, lampu stop (blkg) tetap menyala..
      Krna apa yg dijelaskan di atas tanpa merusak kabel lain..
      Sehingga hanya memindahkan kabel massa..
      Setidak nya sy sdh mengalami nya sendiri Mio J 2012 saya, lampu bohlam sy ganti dari 8.055.7 KM, sampai skrg 40.857.2 KM belum putus Alhamdulillah..
      Dan juga sy check bagian soket / fitting lampu tetap aman, tdk terbakar /meleleh krna panas..
      *Dgn catatan smua kabel dipasang rapih & dilakban dgn baik sambungannya
      Agar mengurangi resiko konsleting arus listrik pd kabel..
      Smua tergantung tgn agan..
      Sukses slalu..

      Hapus
    2. Kabel massa warna apa biasa bg ??

      Hapus
  10. Mau nanya ni gan,kan kalau motor mio z gak ada saklarx,nah skrg saya mau pasang saklar biasa aja terus saya harus potong kabel warna apa?warna kabel yg ada di lampu utama mio z yaitu:kuning,hijau muda,hijau tua,biru,hitam & coklat gan...mohon bantuanx..maksih

    BalasHapus
  11. Nambahin aja gan ..... kalo mio z 2017 kabel buat matiin lampu utama warnanya biru, soalnya ga ada warna kuning....cmiiw, mksih

    BalasHapus
  12. Mau nanya gan.. saya udah pasang saklar tapi pakr holder mio sport.. pemasangan udah betul.. gak ada korsleting.. tapi koq kalo lampu dalam posisi off/ mati gas motor saya lama baru turun .. tapi kalo lampu motor on/ hidup.. gas motor saya langsung turun.. minta solusinya gan.. thanks. Motor saya mio m3 125

    BalasHapus
  13. Kalo jupiter mx new pake cara ini bisa gak gan?

    BalasHapus
  14. Fungsi 2 kabel digabung dalam 1skun yang ada di soket kiri lalu di sambung ke saklar mio lama. Fungsi nya untuk apa gan? Dan kenapa harus dipasang ke soket no 1 & 3 saklar mio lama? Kalau misalnya di pasang di soket no 1/3 ( salah satunya saja. Apakah tetap berfungsi?

    Dan satu lagi, mohon petunjuknya apabila saya mau pasang led lampu utama
    Gimana caranya agar arus nya jadi dc tanpa merubah kelistrikan dan tetap memakai saklar mio lama.

    Terima kasih

    BalasHapus
  15. Fungsi 2 kabel digabung dalam 1skun yang ada di soket kiri lalu di sambung ke saklar mio lama. Fungsi nya untuk apa gan? Dan kenapa harus dipasang ke soket no 1 & 3 saklar mio lama? Kalau misalnya di pasang di soket no 1/3 ( salah satunya saja. Apakah tetap berfungsi?

    Dan satu lagi, mohon petunjuknya apabila saya mau pasang led lampu utama
    Gimana caranya agar arus nya jadi dc tanpa merubah kelistrikan dan tetap memakai saklar mio lama.

    Terima kasih

    BalasHapus
  16. Gan..kl mau pasang lampu alis di reflektor lampu senja mio j, ambil arusnya dr kabel spedometer ada efekny ga yah, , , atau bagusny gmn gan..mohon pencerahannya. Mksih

    BalasHapus
  17. Gan degan,
    gimana cara memasang roket di Mio J/

    BalasHapus
  18. Kabel yg no 2 dari soket skun mio lama ..lari ke mana ya sambunganya

    BalasHapus
  19. Ass.. Gan klw mio soul gt 125 yg bru biar lampu kilometernya mati total gimana to gan..

    BalasHapus
  20. Kalo lampu senja/kota mau di aktifkan hidup dan nyalanya gimana gan?

    BalasHapus
  21. Untuk kabel yg di jumper (1 skun 2 kabel) itu kan masuk ke konektor 1 & 3. Bebas aja kan gan, bisa bolak balik? Thx

    BalasHapus